FUNGSI BISNIS - RADAR MALANG -

Seminar BP4

Kamis, 18 Mei 2017

Fungsi Bisnis – Radar Malang –

Oleh : Kurniawan Muhammad (Direktur Radar Malang)



Keberadaan Radar Malang tidak bisa lepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang, sejak tahun 1980-an Jawa Pos melahirkan 7 Radar di Jawa Timur pada tahun 1999. Radar sendiri merupakan singkatan dari berita daerah.

7 Radar Jawa Timur :
1.      Malang
2.      Kediri
3.      Jember
4.      Bromo
5.      Madiun
6.      Bali
7.      Madura

Dan sekarang telah bertambah menjadi 12 :
8.      Banyuwangi
9.      Surabaya
10.  Tulungagung
11.  Mojokerto
12.  Jombang

JAWA POS sebagai (perusahaan induk) memiliki anak perusahaan banyak jenisnya :

a. Media Cetak
- Koran disemua provinsi indonesia 300 koran
- Majalah sedikitnya 100-an
- Tabloid 70-an
b. Media Elektronik memiliki Televisi local sedikitnya 35
c. Media online
d. Hotel - New hotel
e. Percetakan - Temprina
f. Pabrik kertas - adiprima suraprinta
g. power plant - listrik tenaga batubara

Bisnis koran itu :
a.  Khas :
 - Satu sisi produknya bisa dianggap kegiatan menghasilkan barang
- Sisi lain produknya dianggap sebagai jasa
- Jam kerja yang khas (devisi redaksi) pagi-siang mencari berita. Sore - malam tulis berita sampai jam 9 malam kadang sampai 11 malam. - jawa pos tidak ada libur. Kecuali idul fitri.  Sedangkan koran lain libur.

b. Punya dua sisi yg secara "ideology"berbeda
1. Idealis -News : kepentingan pembaca, keinginan publik
2. Bisnis -Iklan : kepentingan klien keinginan klien

Tantangan bisnis online :
1. Gempuran online, media sosial dan media elektronik
2. Life style yg berubah :
- Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
- Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan Demografis
- Angka usia muda ternyata trennya selalu meningkat.
- koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca.

What did Radar Malang do ?

a. Strategi konten
Pola pemberitaan lebih indepth, investigative (berita yang belom muncul di permukaan), Blow up (pembaca kenyang dengn berita yngg ditampilkan) dan sudah meninggalkan 5 w 1h.

b. Membuat Online berbasis Print (edisi cetak)
Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak. (Menggunakan barcode). Online mengait di cetak -baca edisi cetak. Liputan menarik hanya ditampilkan di cetak. Sehingga cetak tetap menjadi yang utama. Online penguat dari cetak.
- berita di online belum tentu ada di cetak
- berita cetak belum tentu ada di online
- peristiwa aktual lebih diberitakan di online.

c. Strategi dekat dengan pembaca
- News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
Filosofi Part Of The Show - Menciptakan berita yang berbeda.
"Hanya Radar Malang yang mampu melakukan"
Ini penting untuk menimbulkan kesan mendalam di kalangan pembaca atau masyarakat. Seperti dengan beberapa hal yang telah dilakukan oleh Radar Malang, diantaranya :
- 3 kepala daerah bertemu dalam satu tempat memecahkan masalah
- Profesor Tak Akan Lupa Kenangan Mengajar Siswa SD
- Memberikan penghargaan kepada tokoh – tokoh hebat
- selain itu juga Kampus saya tercinta STIMIK STIE ASIA Malang mendapatkan penghargaan yaitu sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terfavorit.

d. Menggaet Minat Pembaca Muda
- Rubrik Zatizen
- Mengenalkan koran kepada generasi Z
- saat ini udah punya 2.158 member
- pembaca usia muda < 20 tahun

e. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan.

f. Harus selalu berada dalam "alam bawah sadar" pembaca/masyarakat. Spontanitas pembaca jika brand itu ditancapkan kepada masyarakat.

Devisi Radar Malang : 
1. Redaksi
2. Iklan
3. Koran, Event
4. Keuangan
5. HRD

Tambahan : 

- Pertanyaan dari Audience (Mahasiswa Stimik-Stie Asia)

1. Bagaimana cara Radar Malang menambah jumlah pembaca :
a. Inovasi Konten
b. Jalur distribusi
c. Mencari titik-titik baru. ( survei berapa berempatan. Ada berapa loper di titik tersebut )
d. Membuat pelatihan. Pembayaran kontribusi 250k mendapat langganan koran satu bulan.

2. Sisi Negative koran :
Melakukan pembatasan berita radar malang tidak menimbulkan hal negatif. Tren tidak bagus terjadi dikota malang misalkan pada saat Hari Valentine dengan istilah -hotelfull- maka berita tersebut tidak akan dimuat dalam koran. Karena jika dimuat akan menimbulkan pengaruh yang negative bagi para pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Full Album] 2PM - 2PM of 2PM (Japanese) MP3

Lirik Lagu 2PM ~Good-bye Again~ 春風 #2PMOF2PM

DIGITAL MARKETING DENGAN FACEBOOK DAN YOUTUBE